20 Okt 2007

New Nokia N-Gage (dari ponsel ke platform) - Part 2

SEGALA ADA, SEGALA BISA

Di mana gim-gim itu disimpan? Ya, tiga atau empat tahun silam, ketika N-Gage versi lama dipasarkan, kita bisa membeli gim yang dijual dalam format kartu memori. Cara ini terasa amat tradisional. Bahkan membuka peluang oknum tak bertanggung jawab untuk memanfaatkan proyek bajakan, satu MMC (Multi Media Card) berisi banyak gim.
Platform N-Gage terbaru tentu tak demikian lagi. Ini lantaran semua gim hanya dijual di toko gim N-Gage beralamat di www.n-gage.com
Di sana bisa mencari seri apa yang hendak Anda beli.
Sementara jika ingin window shopping, Anda bisa segera masuk ke menu Game Showroom. Mode pencarian gim dapat dilakukan berdasarkan genre, fitur, atau publisher-nya. Jika Anda sempat melihat teks promo;"Try today, pay tommorow", ini tak lain bermakna bahwa calon pembeli bisa menjajal salah satu gim dan gratis. Namun tentu Anda hanya diberikan versi try-nya saja. Setelah itu kalau cocok, silakan membeli. Kalau sudah kebelet tak perlu menunggu esok hari karena biasanya di versi trial beberapa bagian tidak selengkap di versi full, entah itu levelnya, karakter-karakter dalam game tersebut, tidak seperti versi full.
Nokia sendiri sudah menentukan range harga. Menurut Ilkka Raiskinen, harga yang ditawarkan bervariasi dari 6 euro (sekitar 78 ribu perak) hingga 10 euro (sekitar 130 ribu perak). Harga segitu bisa jadi 'murah'. "Gim-gim ini termasuk high quality mobile games," tandas Ilkka. Selain itu diproduksi oleh pembuat gim ternama berkelas dunia.
Cara membelinya juga amat mudah, bisa langsung masuk ke web site dan browsing di komputer. Cara pembayarannya tentu dengan menggunakan kartu kredit. Sementara juga bisa dilakukan dengan mengunduh langsung dari ponsel lewat fitur N-Gage yang telah disediakan. Pembayarannya melalui pemotongan pulsa. Oleh sebab itu faktor jaringan yang disediakan oleh operator amat menentukan.
Aktivitas komunitas N-Gage yang sudah berkumpul lama sejak N-Gage versi lama bakal ditemui di menu N-Gage Community. Isinya ada informasi tentang event yang digelar, termasuk jadwal kompetisi jika ada. Lantas ada pula forum dan blog. Di sini Anda bisa menuliskan uneg-uneg atau sekedar berbagi berita.
Jangan lupa jika Anda suka bersaing, disediakan pula submenu ranking. Anda bisa terus meng-update informasi siapa kira-kira yang berada di puncak ranking gim The Sims 2 Pets.
Tak salah jika Nokia menjuluki website ini sebagai 'tempat' untuk bertemu dan bersaing dengan kawan-kawan di seluruh dunia. Ada turnamen yang bisa diikuti, ada aktivitas komunitas, review gim dari para pemain, hingga tips dan trik.

GIM VERSI INDONESIA

Jika India mewakilkan developer bernama Indiagame, tampaknya Indonesia masih kosong tuh. Di India, para pengguna mobile games lebih menyuka gim-gim dengan tema lokal. Menurut Vishal Gondal, Founder & CEO Indiagames Ltd, gim seperti inilah yang laku sekaligus memacu pengembang untuk mencari tema-tema lokal lainnya.
Sebuah lontaran yang patut dicermati para pembuat gim dari Usun Priggodigdo, Multimedia Business Manager Nokia Indonesia, begini, "Mungkin nggak ya, kayak gobaksodor dijadikan gim mobile?"
Ya, sebuah usulan yang bisa saja dikembangkan dalam format digital dengan skenario yang versi mobile. Dan bukan tidak mungkin aneka macam permainan daerah seperti benteng, kelereng, patok lele, atau apa saja menjadi platform N-Gage yang Indonesia banget.
Sekedar informasi, hingga kini N-Gage sendiri telah menggandeng Gameloet yang menyetor Asphalt 3: Street Rules (udah ada yang tau Asphalt 4: Runaway Bandit nggak? Kalau ada informasinya, silahkan bubuhkan di tempat komentar), Brother in Arms, Brain Challenge, Midnight Pool, Dogz, Block Breaker Deluxe, Midnight Poker.
EA menyerahkan The Sims 2 Pets, Tetris, Tiger Woods PGA Tour, EA Sports FIFA '08.
Vivendi menaruh Crash Bandicoot.
I-Play menyiapkan Super Mah Jong dan World Rally Championship.
GLU punya World Series of Poker Pro Challenge.
Sementara Nokia sendiri punya Bounce Boing Voyage, Hooked On: Creatures of The Deep, Mile High Pinball, Pro Series Golf, One, Snakes Subsonic, Space Impact: Kappa Base, dan System Rush: Evolution.

Source: Forsel #13

Tidak ada komentar: